Sabtu, 07 Juni 2014

Teknologi Sistem Informasi (TSI) dunia perbankan

Dalam era yang serba modern seperti sekarang ini, disetiap bidang membutuhkan teknologi yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada secara cepat khususnya dalam dunia perbankan. Menurut saya teknologi yang ada dalam dunia perbankan harus bisa memenuhi kebutuhan para pengguna jasa perbankan agar lebih memudahkan para pelanggan tersebut. berbagai fasilitas harus dibuat sedemikian rupa agar pelanggan dapat merasa nyaman. sehingga sekarang ini banyak inovasi-inovasi baru yang diciptakan dalam dunia perbankan. kecanggihan teknologi tersebut tentunya harus diimbangi dengan pengamanan yang baik dan ketat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. seperti contohnya banyak kejahatan-kejahatan dalam dunia perbankan yang sangat merugikan.

Tuntutan nasabah untuk memproses transaksi perbankan dengan cepat, aman, dan nyaman menjadi suatu kebutuhan utama yang mendukung puas atau tidaknya nasabah melakukan transaksi di perbankan. Dengan adanya tuntutan ini, maka petugas perbankan dituntut untuk mempu mengoperasikan sistem aplikasi yang digunakan oleh bank dengan baik dan dapat menerapkan system dan prosedur yang berlaku diperbankan sehingga dapat memberikan kenyamanan dan menjaga kerahasiaan data nasabah.

Sistem aplikasi teknologi informasi perbankan harus mengikuti prinsip dasar yang telah ditetapkan oleh bank indonesia, yaitu aturan mengenai penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank, dimana bank wajib menerapkan manajemen risiko secara efektif dalam penggunaan teknologi informasi (TI)

CONTOH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DI PERBANKAN

berikut ini adalah contoh dari beberapa perkembangan yang ada dalam dunia perbankan :

- Transfer yang lebih mudah, yaitu bisa dengan menggunakan jasa teller suatu bank.
- Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
- Adanya kartu kredit sebagai alat pembayaran.
- Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.

kesimpulannya dari Teknologi Sistem Informasi perbankan tersebut harus bisa menguntungkan kedua belah pihak terutama para pengguna jasa perbankan agar TSI perbankan di Indonesia bisa lebih maju lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar